Obat Penenang Hati dengan Sabar

Saudaraku, di alam fana ini kehidupan senantiasa berubah-rubah. Ada siang-malam, terang-gelap, kaya-miskin, sulit-mudah, susah-senang,
Saudaraku, di alam fana ini kehidupan senantiasa berubah-rubah. Ada siang-malam, terang-gelap, kaya-miskin, sulit-mudah, susah-senang, suka-duka, sedih-bahagia, sehat-sakit, harapan-ketakutan, tertawa-menangis, dsb. Mereka datang serta pergi silih bertukar.

Saudaraku, yaitu qudrat (kehendak) serta iradat (kuasa) Allah SWT bila fakta pahit menerpa seseorang hamba. Serta kebahagiaanlah untuk mereka yang bersabar dalam hadapi semua kesusahan yang dihadapinya. Allah SWT berfirman dalam al-Quran surah al-Baqarah 2 ayat 155, “Dan sungguh bakal Kami berikanlah cobaan padamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa serta buah-buahan. Serta berikanlah berita senang pada orang–orang yang sabar. ”

( Baca Juga : Buah buat Ibu Hamil yang Terbaik )

( Baca Juga : Penikmat Kopi )

Saudaraku, banyak manusia yang berkeluh kesah bahkan juga berputus harapan saat kesusahan datang menemuinya, terkecuali beberapa orang saleh. Mereka yaitu : (1) yang kerjakan salat, (2) yang tetaplah kerjakan salatnya, (3) menginfakkan beberapa hartanya pada beberapa orang miskin, (4) yang meyakini ada hari pembalasan, (5) yang takut pada azab Allah, (6) yang pelihara kemaluannya (7) yang memberi kesaksiannya, serta (8) yang pelihara salatnya. Hal semacam ini sudah tercatat dalam Quran surah al-Ma’arij 70 ayat 19-35.

Saudaraku, alangkah beruntungnya beberapa orang yg tidak takut atau kuatir hadapi hari depan walaupun musibah teramat pahit merongrongnya. Alangkah manisnya imbalan untuk mereka yang ridha bakal takdir Allah, mereka yg tidak berkeluh kesah waktu penderitaan menderanya. Tahukah engkau, kenapa? Lantaran mereka yaitu orang orang saleh, beberapa orang yang tuduk serta taat pada Allah, yang sudah dijanjikan surga yang mereka abadi di dalamnya.

Saudaraku, sudah pasti engkau bisa menangis serta meneteskan air matamu waktu cobaan itu datang. Namun engkau janganlah berlama-lama terlena dalam rasa sedih itu. Serahkanlah semua pada Allah SWT. Ucapkanlah : Inna lillaahi wa inna ilaihi raaji’uun (Sebenarnya kami punya Allah serta sebenarnya kepada-Nyalah kami bakal kembali). Ingatlah firman Allah SWT dalam al-Quran surat Ali Imran 3 ayat 139 serta surat al-Baqarah 2 ayat 153.

“Janganlah anda berlaku lemah, serta janganlah juga anda bersedih hati, walau sebenarnya kamulah orang yang tertinggi (derajatnya), bila anda beberapa orang beriman. ” (QS. Ali Imran 3 : 139).

“Hai beberapa orang yang beriman, jadikanlah sabar serta salat sebgai penolongmu. Sebenarnya Allah SWT bersama beberapa orang yang sabar. ” (QS. al-Baqarah 2 : 153).

Oleh karenanya wahai saudaraku, marilah kita berupaya untuk ikhlas serta ikhlas terima apapun yang sudah ditetapkan Allah SWT untuk kita. Kita mustahil menampiknya, lantaran Dialah Maha Kuasai diri kita dan alam seisinya. Tidak ada alternatif lain, terkecuali ridha atas kehendak-Nya. Allah SWT berfirman, “Barang siapa yang ridha atas ketetapan Allah, jadi Allah juga bakal ridha padanya. ”

Saudaraku, marilah kita hadapi, hayati, serta nikmati saja semua qadha serta Qadar (ketentuan) dari Allah. Marilah kita lewati semua aral yang melintang dalam kehidupan dengan lega dada. Ingatlah kalau ‘sesungguhnya sesudah kesusahan itu ada keringanan’ (QS. al-Insyirah 94 : 6).

Saudaraku, bila engkau ditimpa cobaan, berdoalah pada Allah supaya engkau selekasnya lepas dari penderitaan yang tengah engkau hadapi.

“Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari kemurungan serta kesulitan. Saya berlindung kepada-Mu dari kemalasan, serta saya berlindung kepada-Mu dari ketakutan serta kekikiran. Serta saya berlindung kepada-Mu dari desakan utang serta paksaan orang lain.

Saudaraku, bangkit serta hadapi cobaan itu. Your life must go on! Selamat berjuang! Mudah-mudahan Allah SWT menolongmu. Aamiin.

0 Response to "Obat Penenang Hati dengan Sabar"

Posting Komentar

Jual Jersey Grade Ori

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme